Saturday, January 5, 2008

Pentingnya Back Up

Dua hari yang lalu, saat asyik browsing, komputer saya tiba-tiba mati. Saya coba hidupkan, semua hardware dikenali (Hard Disk, CD Rom, Floppy, Memory, dll) tetapi setelah itu hang. Kemarin saya coba saya biarkan, ternyata setelah setengah jam, keluar juga tulisan windowsnya, tetapi setelah itu ya hang lagi. Setelah itu Hard disknya di copot dan coba di paralel ke komputer teman saya. Ternyata hanya satu folder yang bisa dibuka dan yang lainnya tidak ada. Ya betul, tidak ada.

Sedih juga karena banyak data dan foto yang belum di back up. Hari ini saya coba mengirimkan Hard Disk tersebut ke penyedia jasa recover data yang dulu saya dapatkan di iklan baris. Mudah-mudahan semua data bisa direcover.

Back Up, kadang memang terlupakan. Padahal akan sangat terasa manfaatnya bila terjadi masalah seperti ini. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membackup komputer anda. Apalagi data-data yang penting. Sekarang kan flash disk semakin murah dengan kapasitas yang semakin besar. Atau bisa juga di bakar ke CD yang harganya cuma dua ribu perak. Tidak sebanding dengan nilai data yang tersimpan di dalamnya.

Buatlah jadwal back up harian, mingguan dan bulanan. CD back up seharusnya juga tidak diletakkan ditempat yang sama dengan komputer berada. Jadi kalau terjadi apa-apa, back upnya tidak apa apa. (Misal ada maling masuk dan menggondol komputer beserta CD CDnya kan repot :) ) Bisa dititip di rumah saudara, atau diletakkan di kantor kalo itu merupakan Back Up komputer rumah atau sebaliknya diletakkan di rumah kalau itu merupakan Back Up komputer Kantor.

Jadi, lakukan sekarang juga! Back Up komputer anda.

2 comments:

Anonymous said...

Biasanya kalau memorinya minimal 512 MB, dan pakai source Windows XP yang selalu di up-date, itu ada otomatis back-up windows nya.

Saya juga pernah mengalami seperti anda. Tapi karena memori 512 MB dan pakai windows xp yang selalu saya up-date, maka isi data saya selamat semuanya.

Back-up paka CD juga saya lakukan, tetapi lebih ke arah jaga-jaga, kalau pas rumah kosong trus ada maling nggondhol komputer. Nah, fungsi back-up cd nya baru bekerja jika kondisinya demikian.

Salam kenal ya,
Wuryanano

Irwan said...

Wah, komputer saya masih jadul pak. Pentium 2 dan tidak memadai menggunakan XP, memory pun hanya 128 MB.

Salam kenal kembali Pak, sukses selalu untuk kita berdua.

Irwan