Saturday, May 23, 2009

Repot Jual Tanah Yang Sangat Luas???

Menjual tanah dengan luasan yang cukup besar relatif lebih sulit dibandingkan yang luasannya lebih sedikit. Gampangnya saja, secara jumlah, akan lebih banyak orang yang mampu membeli tanah di harga puluhan hingga ratusan juta dibandingkan tanah di harga milyaran.

Jadi? ya kalau punya tanah kelewat besar kenapa tidak di kavling kavling saja? Mudahan-mudahan lebih mudah menjualnya. Hanya saja, bila tanah di kavling kavling, maka mau tidak mau ada sebagian yang harus di ikhlaskan untuk jalan dan got. Kalau mau lebih bagus lagi, ada sebagian yang dijadikan taman.

Berapa besar yang akan terpakai untuk fasus dan fasum? Seorang teman yang bekerja di developer perumahan memberikan estimasi sekitar 25% nya. Jadi kalau tanah dengan luas 2000 meter persegi, maka yang akan terpakai untuk sarana dan prasarana adalah 500 meter persegi.

Nah, tanah yang 500 meter persegi itu kan harus diolah. Kalau peruntukannya untuk jalan, ya harus ada perkerasan dan lain sebagainya. Begitu juga untuk got dan untuk taman misalnya.

Biaya lain yang harus dikeluarkan adalah pecah sertifikat.

Jadi, kalau punya tanah yang luas dan sudah berusaha di jual tetapi tidak laku juga, maka coba lakukan strategi ini. Mudah-mudahan cepat terjual.

Tapi kok repot ya.... Trus harus keluar uang lagi untuk biaya biayanya.

Kalau itu masalahnya, solusinya sangat gampang. Hubungi saya di 0816 1989291

Irwan

No comments: