Saturday, May 30, 2009

Krisis sudah sampai ke Indonesia ya ?

Seorang rekan yang bidang usahanya jasa cargo, pengiriman barang, dan ekspor impor mengeluh kepada saya. Sepiiii !!! Rekan yang lain ketika saya telpon sedang berada di angkot. Padahal selama ini kemana mana ya naik mobilnya sendiri. Mobilnya kemana ? tanya saya. Di rumah jawabnya. Kok di tinggal di rumah? Iya, ini lagi berhemat. Sudah tiga bulan ini belum di gaji. What ??? tiga bulan ??? Perusahaan tempat nya bekerja memproduksi furniture yang mayoritas di ekspor ke Jepang. Saat ini permintaan dari Jepang tidak ada sehingga tidak ada penjualan.

Rekan yang lain ketika saya telpon sedang di rumah? Gak ke kantor? tanya saya. Iya, ini lagi dirumahkan... Perusahaan tempatnya bekerja bergerak di bidang pertambangan batu bara dan timah.

Kemarin saya bercerita tentang anak muda yang punya 12 toko HP di Cempaka Mas. Dia pun bercerita bahwa sekarang-sekarang ini omzetnya menurun 30 persen. Pak Tris dan Bu Evi, Rekan yang lain yang punya 4 toko Handphone di Sentra Bisnis Harapan Indah juga merasakan penurunan omzet. Sebenarnya sih tidak usah jauh jauh. Usaha kios Handphone yang saya buka dengan Pak Imansyah pun mengalami penurunan omzet yang sama. Dari menyewa 2 kios, sekarang sudah kami ikhlaskan untuk menutup satu kios.

Tentu saja tulisan ini bukan bermaksud untuk menurunkan semangat anda. Tetapi agar kita mengantisipasinya.

Bagaimana dengan usaha anda ? Mudah-mudahan tetap maju ya ...

No comments: