Wednesday, June 17, 2009

Manfaat Lain Mempercantik Rekening Bank

Kelihatannya banyak yang senang topik ini ya? Saya lanjutkan lagi deh. Kali ini dari sudut pandang yang lain.

Usaha anda tidak punya pembukuan yang rapi? Pusing dan tidak tahu bagaimana cara membuatnya? Coba ikuti cara sederhana ini.

Awalnya tentu saja dari artikel Percantik Rekening Bank Anda. Jadi semua omzet usaha sudah anda masukkan ke rekening. Lalu untuk SETIAP pengeluaran anda tarik dari rekening juga.

Secara tidak sadar sebenarnya anda sudah punya pembukuan sederhana. Yang harus anda lakukan hanyalah mencetak rekening anda. Salinlah print out rekening itu ke buku. Kalau anda punya komputer lebih mudah lagi kalau di buat di program Excell. Sekarang, tambahkan satu kolom untuk keterangan. Di kolom ini lah anda tuliskan dana tersebut dari mana atau untuk keperluan apa.

Untuk pemasukan tentu saja keterangannya adalah omzet usaha ya. Lalu untuk pengeluaran disesuaikan saja. Kalau untuk beli bahan baku, ya ditulis pembelian bahan baku. Untuk ATK tulis pembelian ATK, Untuk Pembungkus tulis Pembelian Pembungkus. Untuk Gaji tulis Gaji. Pokoknya terserah anda deh mau tulis apa. Yang penting ada keterangannya.

Dengan melakukan ini, satu pembukuan yang sangat sederhana sudah anda punyai. Di akhir bulan anda tinggal mengelompok-mengelompokkannya. Sangat mudah di lakukan di program Excell. Tinggal gunakan menu Sort, jadi deh.

Di akhir bulan anda akan tahu berapa total omzet. Berapa yang keluar untuk beli ATK. Berapa Total Gaji. Berapa untuk bahan baku. Lalu, ketahuan deh kalau dapat untung besar bulan ini he he he... (saya di traktir ya kalau untung besar ....)

Sederhana, tapi cukuplah untuk mendapatkan gambaran tentang profile usaha selama satu bulan.

Tentu saja kuncinya adalah disiplin memasukkan uang ke rekening. Soalnya kalau kadang disetor, kadang di pakai langsung, maka harus ada penyesuaian-penyesuaian dan catatan catatan tambahan yang harus anda lakukan, karena rekening anda TIDAK menggambarkan sepenuhnya aktivitas usaha anda.

Bagaimana? Bisa dilakukan kan?

No comments: