Tuesday, June 16, 2009

Percantik Rekening Bank Anda

Bagaimana caranya?

Bila anda punya usaha, usahakan semua pendapatan di masukkan dulu ke rekening. Baru setelah itu, bila ada keperluan di tarik kembali.

Misal omzet anda adalah 1 juta. Lalu anda perlu membeli bahan baku 500 ribu. Masukkan dulu seluruh uang yang 1 juta tersebut ke rekening, lalu lakukan penarikan 500 ribu untuk pembelian bahan baku tersebut. Lho, apa bedanya? toh yang tertinggal di rekening adalah 500 ribu? Sama saja toh, kalau saya langsung setor 500 ribu ke rekening?

Saldonya memang sama. Tetapi dalam sudut pandang Bank beda. Uang yang kita setor akan tercermin dalam mutasi kredit. Bank kadang mengasumsikan total mutasi kredit dalam suatu periode sebagai omzet usaha kita pada periode itu. Jadi, kalau anda setor 1 juta, di mata bank omzet kita adalah 1 juta. Sayang kan kalau omzet 1 juta tetapi hanya di setor 500 ribu. Bank hanya akan menganggap omzet kita 500 ribu.

Di jaman sekarang ini dimana ATM ada di mana mana, sangat lah mudah untuk menarik uang. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menyetor seluruhnya, karena toh menariknya tidak lah sulit.

Lalu apa perlunya rekening yang cantik? Tentunya untuk memperoleh pinjaman dari Bank. Coba saja perhatikan. Salah satu syarat untuk meminjam di Bank adalah foto copy rekening tiga bulan terakhir. Bahkan ada yang meminta 6 bulan terakhir. Bila semua omzet usaha anda tergambar di rekening anda, maka jumlah kredit yang dicairkan lebih besar bila dibandingkan bila omzet anda hanya sebagian saja yang di setorkan.

Tentunya ini bukan satu satunya faktor penentu, karena nilai agunan pun akan sangat mempengaruhi besarnya pinjaman yang cair.

Jadi, setor dulu, baru tarik !!!

1 comment:

Doni Afrizal said...

salam kenal pak irwan,

kayaknya dah banyak nih property dari hasil bisnisnya?

wassalam,
doni afrizal
www.doni afrizal.com